Connect with us

News

Ketua Umum PPWI Wilson Lalengke, Spd, Msc, MA menyerahkan Piagam acara Penyuluhan Anti Narkoba. Foto Sri.

Published

on

Jkt, (1/9) – Sejuta, Pewarta media sosial ( Medsos) dibutuhkan untuk mensukseskan program pembangunan dan kepemerintahan secara nasional.

Media komunikasi yang sangat ampuh saat ini, HP Android, karena bisa digunakan untuk informasi, komunikasi dan koordonasi secara canggih dalam berbagai hal.

Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia ( PPWI) Wilson Lalengke, Spd, Msc, MA, mengungkap hal itu dalam pertemuan Silaturahmi dengan Pewarta212 di Sekretariat PPWI Jakarta Barat, Minggu (1/9).

Menurut Wilson, media informasi yang selama ini menjadi tumpuan berbagai kegiatan masyarakat, pebisnis, birokrasi, olahraga, public relation dan lain sebagainya bekal tenggelam karena dipacu waktu dan kecanggihan HP Android.

Oleh karena itu, Wilson mengimbau anggotanya yang tergabung dalam PPWI, mau tidak mau harus menguasai dan memahami HP Android secara tekhnis maupun operasional dalam meng-Edit dan menyiarkan berita.

Untuk meningkatkan kompetensi anggota PPWI, terus digenjot, meningkatkan pelatihan Jurnalistik yang diadakan secara berkelanjutan agar mereka semakin profesional.

Program sejuta Pewarta Medsos yang dirancang PPWI, menjawab tantangan yang akan dihadapi dalam era informasi, masyarakat nampaknya cenderung ke media sosial ( Medsos).

Sementara, mantan Wartawan LKBN Antra, Drs Risman Thomas, MM, mengatakan bahwa Media Cetak di tahun 90 an idola masyarakat sebagai pembaca setia, meskipun date line sudah basi tapi tetap menjadi kosumsi pembaca.

Beranjak ke era media visual mulai tahun 2000 an, media cetak dan visual nampaknya bersaing saling mendukung dalam penyiaran berita.

Muncul HP Android tahun 2010 an yang dapat diguna kan masyarakat untuk mengetahui beragam peristiwa dan Wartawan cetak maupun visual, cenderung menyiarkan berita tulis dan berita gambar melalui HP.

Kecanggihan HP Android sebagai sarana Jurnalistik yang sangat ampuh, diduga masa mendatang masyara kat akan meninggalkan sumber berita lewat media cetak dan berita visual, ujar Risto sungguh.

Pewarta yang tergabung dalam PPWI tercatat ratusan orang dari Sabang sampai Merauke, bertebar di setiap kota Provinsi, Kabupaten/Kota, November 2019, akan menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional ( Rakernas) PPWI, demikian Wilson.(002)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News

ALUMNI PUSPIPTEK BANG YON MAJU CAWALKOT TANGSEL

Published

on

Bsd, (11/11) – Sekitar 20 ribu warga Puspitek ber- Kartu Keluarga (KK) mendukung Bang Yon maju sebagai calon walikota, kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Hal itu terungkap, setelah tim sukses Bang Yon, Eko Yuliadi mengembalikan formulir pendaftaran kepada panitia pendaftaran calon walikota, diterima Hj Tati, Sekretaris Desk Pilkada Partai Gerindra di Graha Mahesa Serang, Banten, Senen (11/11).

Menurut anggota tim sukses Bang Yon, ada 10 ribu, warga pensiun memiliki Kartu Keluarga (KK), dan10 ribu masih aktif sebagai karyawan Lingkungan Puspitek Serpong, siap mendukung Bang Yon, ungkap Agus sungguh.

Bambang Sudiyono, nampaknya awak media tertarik dengan visi misinya sehingga mereka memberi ” Nick name ” ada yang menjuluki, Bang Yon dan Bang Sud.

Bambang Sudiyono Purna Bakti dari BATAN yang beraktivitas di Lingkungan Puspiptek Serpong selama 24 Tahun jauh sebelum terbentuk Kota Tangsel, kini mengabdi sebagai pegiat sosial. Bang Yon yang sudag ber KTP Kelurahan Rawabuntu Kecamatan Serpong sejak 1989, maju mencalonkan Walikota, kota Tangsel karena Ia didorong oleh teman teman yang masih aktif sebagai ASN, maupun Purna bakti di lingkungan Puspitek , Serpong.

Penyerahan formulir penjaringan bakal calon walikota Tangsel, diterima oleh panitia, dan dilanjutkan konferensi pers.

Tanya jawab, Bang Yon dengan awak media, dipandu Kiwan Nurcahaya, ketua desk Pilkada Kabupa ten Serang nampaknya menarik karena ada pertanyaan pewarta tentang Korupsi.

Bang Yon, menjawab semu bentuk korupsi, ditolak katanya sambil berkata korupsi itu, ” Haram” ungkap nya serius, sambil berharap agar Ia lulus dalam tahapan seleksi yang akan ditentu kan panitia.

Dari sekian programnya, Bang Yon, ada tiga unsur yang harus dilaksanakan, jika saya terpilih Tangsel 1, akan menuntaskan masalah sampah, dan pengentasan pengangguran serta pendidi kan bagi kaum dhuafa.

Oleh karena sampah, selain didaur ulang, menjadikan Tangsel kota bersih dan dapat memajukan Tangsel sebagai kota dunia, menuju Indonesia emas.

Hasil daur ulang sampah juga dapat meningkatkan pendapatan warga, ujar Bang Yon.

Dalam dunia pendidikan, Bang Yon mengatakan masalah pendidikan bagi kaum dhuafa nampaknya terabaikan jika Ia menjadi Tangsel satu, pendidikan untuk kaum dhuafa Gratis.

Yang lebih menarik kata Bang Yon, generasi muda sebagai harapan bangsa dan negara perlu menjadi perhatian serius karena pengaruh faktor eks Narkoba, merebak di kalangan generasi muda, dan nampaknya mengarah kepada HIV dan AIDS.

Hal ini mengerikan jika tidak ditangani lebih dini dan terpadu, ujar Bang Yon sambil menutup pertemuan.

Pilkada Provinsi Banten di tahun 2020, akan menyelenggarakan pergantian kepala daerah di empat wilayah, yakni kabupaten Pandeglang dan Serang dan kota Tangsel dan Cilegon.

KotaTangerang Selatan dengan luas wilayah 147.19.km, terdiri atas 7 Kecamatan, dihuni oleh penduduk 1.244.304 jiwa, bertebar di 54 wilayah kelurahan.

Kota Tangsel, September 2020 mendatang, akan melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) untuk Bupati Pandeglang dan Serang serta Walikota Cilegon dan Tangsel.

Pendaftaran calon kepala daerah dari sebelas orang yang sudah mengambil formulir, tujuh diantaranya sudah mengembalikan dan pendaftaran ditutup 15 November 2019 kata Hj Tati Sekretaris Desk Pilkada Partai Gerindra, Banten.

Continue Reading

News

PENGUNJUNG PADATI RPTRA JAKUT

Published

on

Jkt, (10/11) – Sekitar 600 orang pengunjung mema dati Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) yang ada di Kelurahan Marunda Kecamatan Cilincing Jakarta utara, Provinsi DKI Jakarta.

Kehadiran RPTRA, sejak 5 tahun lalu dibangun di setiap kelurahan sudah dirasa dan memberikan manfaat pada publik yang cukup signifikan, kata Dini Afriana, Humas Mangrove kepada Wartawan.

Ia mengatakan, seperti di. RT05/RW 04, setiap hari selalu ramai dikunjungi warga pada hari Sabtu dan minggu (10/11) hingga mencapai 600 orang.

RPTRA Mangrove Kelurahan Marunda yang mulai aktif sejak Januari 2019 semakin hari, semakin ramai dikunjungi anak-anak dan masyarakat sekitar umum nya, tambah Dini gembira.

Taman Bangau

RPTRA Mangrove yang berdekatan dengan Taman Sarang Bangau dan rusun Nagrak Kelurahan Cilincing ini dilengkapi dengan berbagai permainan anak-anak, aula, rumah baca atau perpustakaan dan Lapangan Futsal.

Dini Afriana sebagai Humas RPTRA Mangrove mengatakan, masyarakat yang berkunjung ke RPTRA Mangrove bisa memanfaat kan berbagai fasilitas yang ada di RPTRA. Mereka sangat antusias, khususnya anak anak yang datang bermain di hari Sabtu dan Minggu.

Keberadaan RPTRA diharapkan ke depan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Marunda secara keseluruhan.

” Diharapkan RPTRA bisa memfasilitasi kegiatan-kegiatan di tingkat RW, hingga tingkat Kelurahan dalam wilayah Kecamatan Cilincing, ” ujar Dini serius.

Sementara, Yuli sebagai tim ekonomi Kreatif RPTRA Mangrove menjelaskan bahwa beberapa kegiatan yang sudah berjalan di RPTRA Mangrove yakni ; Senam Lansia setiap
hari Rabu.

Kemudian menyusul, Senam Aerobik setiap hari Sabtu, Latihan Futsal hari Rabu dan Kamis serta kegiatan penga
jian warga di minggu kedua setiap bulannya.

Dongeng

Hal yang menarik bagi anak anak pengunjung adanya “Dongeng” setiap sebulan sekali diadakan ole Sudin Perpustakaan dan Arsip Kota Adm Jakarta Utara.

Selain itu, aktif rapat ibu ibu PKK Rw 04 setiap sekali sebulan. Rapat ibu ibu tim PKK ini untuk memotivasi minat dan mengajak anak TK membaca khususnya.

Program lainnya, yaitu Penyuluhan PIK Remaja dengan tujuan membentuk perilaku positif di kalangan remaja dari Kasatpel PPAPP ( Pemberdayaan Perlindu ngan Anak dan Pengen dalian Penduduk)”, ujar Yuli

Ny.Dania atau yang lebih dikenal dengan mama Putri menuturkan, kehadiran RPTRA mangrove tampaknya mampu meng gerakkan ekonomi secara nyata di kalangan warga “Bahrul Ulum” sekitarnya.

Tampak anak-anak mengikuti acara Hiburan foto Prio

“Pemberdayaan ekonomi warga, terutama untuk warung kelontong dan makanan”. ujar Mama Putri bersemangat.

Komplek

RPTRA Mangrove yang berada di komplek Bahrul Ulum RT 005 RW 04 Sarang Bangau Marunda dikelola oleh 6 orang terdiri dari: Koordinator, Sekretaris, Bendahara, Sapras, Humas dan Ekonomi Kreatif.

Besse Fadliyah atau yang lebih familiar di kalangan ibu-ibu biasa di panggil bu Lia menambahkan, ” Tugas kami adalah memberikan pelayanan terbaik pada anak-anak dan masyarakat,” katanya.

Syukur keberadaan RPTRA Mangrove ini sudah diterima oleh warga sekitar khususnya ibu-ibu yang dengan senang hati mempercayakan putra-putrinya bermain, membaca dan berlatih futsal di RPTRA Mangrove.

“Kami terus berbenah untuk memberikan pelayanan terbaik pada publik khususnya anak-anak sesuai dengan misi RPTRA”, ujar Lia.(Prio JA).

Continue Reading

News

TANGSEL BERBENAH SAMBUT HUT-XI

Published

on

Bsd, (9/11) – Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, saat ini mulai berbenah menyambut HUT-XI, yang jatuh pada tanggal 26 November 2019.

Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang terletak di Tatar Pasundan  Provinsi Banten, dengan luas wilayah 147,19 Km, dihuni penduduk sekitar 1.244.204 juta jiwa.

Kota Tangsel terdiri tujuh kecamatan terdiri atas 54 wilayah kelurahan, bulan di bulan November 2019 akan
merayakan hari jadi kota Tangsel ke sebelas, ujar Rahmad Salam ketua Panitia kepada Pers, di BSD Serang, Jumat (7/11)

Menurut Rahmad Salam, menjelang acara puncak HUT-XI, diungkapkan rangkaian kegiatan berupa pagelaran, seperti Wayang Kulit Jawa, Festival Paraga an Busana Batik,Tangsel Tourism, Travel Expo Festival inspirasi, Festival Lenong, Festival Batak, dan Festival Fun Walk.

Selanjutnya, adanya Festival Literasi, Gebyar This Is Tangsel, Pameran Pemba ngunan, Pameran Lomba Burung Berkicau, Festival Chief Tangsel, Festival Gowes dan Senam, serta Minum Bir Pletok Gratis.

Yang menarik adanya rembuk intergritas nasioanal ( Inspektorat), dan Maulid Nabi Muhammad SAW. Juga diadakan Turnamen, Gate Ball Bintang Freestyle, ditutup dengan Rapat Paripurna DPRD Kota Tangerang Selatan.

Selanjutnya, Rahmad mengatakan, puncak akhir acara dimeriahkan “Malam Inagurasi” dan Pesta musik di lapangan ” Skadron Udara 21/Sena Puspenerbad ” Pondok cabe Pamulang.

Acara HUT kota Tangsel ini akan dihadiri oleh Walikota dan Wakil Walikota Tangsel serta pejabat wilayah tetangga, Alim Ulama dan Cerdik Pandai, Tokoh Masyarakat, PKK, Ormas dan LSM, serta generasi muda melalui organisasi kepemudaan.

Diharapkan, acara HUT-XI Tangsel berjalan lancar, aman dan terkendali,ujar Ketua panitia, Rahmad Salam, mengakhiri keterangannya.

Continue Reading

Trending

Copyright ┬ę 2018 Pewarta 212